Selasa, 25 Desember 2012

PEMANFAATAN UBI KAYU

A). TEPUNG TAPIOKA

Tepung tapioka dibuat dari ubi kayu yang telah kering, kemudian dihaluskan. Ubi kayu yang di gunakan harus baik dan sudah tua, sehingga tepung yang dihasilkanpun baik.


Tepung tapioka dipakai sebagai bahan membuat makanan. Saat ini tepung tapioka termasuk barang yang paling di cari nomor dua setelah tepung gandum .


B). GAPLEK

Seperti kita ketahui Ubi kayu merupakan komoditi makanan pokok kedua setelah padi/beras di Indonesia. Selain itu permintaan Gaplek untuk luar negeri juga sangat tinggi. Data perdagangan yang dirilis oleh kantor bea dan cukai RRT memperlihatkan bahwa impor gaplek (HS 07141020) oleh RRT sejak tahun 2006 berkisar di atas 600 juta dollar. Ekspor gaplek Indonesia ke China rata-rata di atas 20 juta dollar setiap tahunnya yaitu 20 juta dollar pada tahun 2006, sebesar 23,8 juta dollar pada tahun 2007 dan sebesar 21 juta dollar pada tahun 2008.

C). BIO ETHANOL

Salah satu cara untuk mengatasi ketergantungan bahan bakar minyak adalah pemanfaatan bahan bakar nabati (biofuel), di antaranya adalah pemanfaatan bioetanol sebagai campuran premium (premium mix E10) untuk transportasi. Bioetanol dari ubi kayu yang dibutuhkan untuk premium mix E10 sekitar 1,37 juta kl atau setara dengan 9,8 juta ton ubi segar. Produksi ubi kayu nasional pada tahun 2005 sekitar 19,5 juta ton, sedangkan permintaan untuk pangan, pakan, dan industri (termasuk bioetanol) sekitar 24,8 juta ton.

D). MOCAF ( Modification Cassava Flavour )

Besarnya minat dan permintaan tepung MOCAF ( Modification Cassava Flavour ) sebagai Subtitusi Tepung terigu saat ini membuka peluang untuk para pekebun untuk mengembangkan dan memperbesar produksi Ubi kayu.

Hal ini disebabkan karena harga yang lebih murah dan kualitas yang sama sehingga mengurangi biaya produksi di bidang industri makanan yang mendorong lajunya permintaan dari para pelaku industri makanan pengguna Terigu.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Nama penulis artikel ini siapa ya ? Saya perlu sebagai bahan pembuatan skripsi saya.. Mohon bantuan nya .. Terima Kasih

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by usahamedandotcom